Posted by : Kuro Lunatic Jumat, 14 Januari 2011

Ini buat mading sih...
Tapi sekalian share dah XP


About Vocaloid
Vocaloid adalah program voice sytnthesizer yang dikembangkan Pompeu Fabra University di Spanyol dengan sponsor dari Yamaha. Inti dari program ini ngebuat lagu dari data suara tiruan dengan cara masukin lirik lagu dengan nadanya di layar yang mirip music sheet. Keliatannya gampang? Susah-susah gampang, apalagi kalau masih pertama kali. Vocaloid juga bisa nyanyiin lagu Indonesia. Yang paling popular, jelas Indonesia Raya. Bisa didengar di Youtube.


Vocaloid
Ini Vocaloid `generasi` pertama. Yang paling pertama dirilis 3 Maret 2004, Leon dan Lola, dikenal juga dengan nama Engloid, atau English Vocaloid. Terus disusul ‘kakak’ dari vocaloid, MEIKO, tanggal 5 November 2004. Penutup dari vocaloid seri pertama itu KAITO, yang awalnya dianggap gagal karna cuma terjual 500 kopi, dan dirombak ulang setelah seri vocaloid generasi kedua, Hatsune Miku dirilis.
Vocaloid 2
Vocaloid genereasi kedua diawali dengan rilisnya Sweet Ann tanggal 29 Juni 2007, juga dikenal dengan nama Engloid. Sekitar sebulan kemudian, vocaloid Hatsune Miku dirilis pada 31 Agustus 2007. Bisa dibilang, Miku itu yang mempopulerkan vocaloid. Dengan lagu tradisional Finlandia, Levan Polka yang dipercepat. Lagunya unik, tapi nggak ada lirik yang jelas, cuma glibberish aja, tapi populer. Di April 2010, Hatsune Miku dirilis versi Append. Yang unik, pengisi suaranya tetap, tapi punya bank data suara yang bisa dipilih : Sweet, Soft, Dark, Vivid, Solid, Light.
Selanjutnya, tanggal 27 Desember 2007, dirilis si kembar dari vocaloid, Kagamine Rin dan Kagamine Len. Di software ini, dimasukkan data ganda untuk suara laki-laki (Len) dengan perempuan (Rin), tapi harganya sama dengan Miku yang cuma punya satu jenis suara. Karena berasal dari satu software, banyak lagu duet dari mereka. Rin dan Len juga bakal dirilis versi append dengan jenis suara yang udah dikonfirmasikan : Serious, Sweet, Warm, Power, Cold.
Ada juga Kamui Gakupo yang dirilis tanggal 31 Juli 2008, yang dibuat dengan suara penyanyi yang sudah ada. Dan dia diisikan suaranya oleh GACKT. Selanjutnya, Megurine Ruka dirilis 30 Januari 2009, yang programnya dibuat dwi-bahasa, Jepang dan Inggris. Selain Gakupo, ada juga GUMI yang suaranya berdasarkan suara penyanyi yang sudah terkenal, Megumi Nakajima.
Terus ada SONIKA, produk Engloid yang bisa menyanyikan lagu dengan aksen bahasa lain. Salah satu dari tim perancang karakter SONIKA itu orang Indonesia. Sampai akhir tahun 2010, ada juga seri vocaloid lain yang dirilis seperti SF-A2 MIKI, Kaii Yuki, Hiyama KIyoteru, dan Big-Al.
Songs
Lagu-lagu vocaloid nggak terbatas di satu jenis, karena siapa aja bisa bikin. Bukan tipe lagu-lagu Indonesia yang demennya percintaan mulu. Ada beberapa lagu vocaloid yang populer, menurut Nico Nico Video.
Yang terbanyak dilihat itu Miku Miku ni Shitteageru dengan total sekitar 8 juta kali dilihat. Disusul dengan Melt, lagu dengan nada tinggi dari awal sampai akhir, dilihat sekitar 5 juta kali. Terus World is Mine, lagu yang kalau didengar dengan versi another bakal jadi satu lagu humor, dilihat sekitar 3 juta kali. Ada juga BlackRock Shooter yang bahkan udah dijadiin anime. Hatsune Miku no Shoushitsu, tentang `akhir` dari Miku yang `rusak`. Hajimete no Oto, kebalikan dari Shoushitsu, lagu ini tentang `kebahagiaan` Miku yang bakal terus menyanyi.
Others
Vocaloid juga dibuat game oleh BANDAI dengan judul Hatsune Miku Project Diva (PSP), Hatsune Miku Project Diva 2nd (PSP), Hatsune Miku Project Diva Dreamy Theater (PS3), dan Hatsune Miku Project Diva Arcade (Arcade). Miku juga pernah ngadain konser `live` solo dengan judul Miku no Hi Kanshasai 39’s Giving Day di Tokyo, Jepang dan San Francisco, Amerika Utara. Vocaloid juga punya komik dengan judul Maker Hikoshiki Hatsune Mix dan Hachune Miku Nichijou Roipara!

5 Responses so far.

  1. Unknown says:

    hai hai minna-san.. :3
    mau bantu2 nih buat yang mauh nambahin koleksi album vocaloidnya..
    bisa cek disini -->>

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5784647

    atau disini :

    http://www.facebook.com/profile.php?id=100001681306938

    douzoo~ :)

  2. Anonim says:

    This information offered me a great notion concerning this subject. Wonderful work. Cheers

  3. Anonim says:

    Great piece of writing. As being a new blogger We are figuring out a lot out of these types of articles continue the excellent performance.

  4. Anonim says:

    Discovered your post truly when it wasuseful. Thank you very much. It's been recently incredibly useful

  5. Anonim says:

    An incredibly outstanding as well as helpful content at hand. My spouse and i reproduced everything and read it all a few different times

Redesign and Copyright © 2013 Kuro Lunatic - Images and Quotes Are Belong To Respective Owners - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan